Guna menambah wawasan dan pengetahuan dalam pengelolaan pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur bekerjasama dengan Nusa Tenggara Institut, Sabtu 18/2/17 menggelar Seminar Nasional yang diikuti seluruh Kepala Sekolah SD/SMP. Seminar yang bertajuk “Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dan Penguatan Managemen Mutu Pendidikan Berwawasan Kearifan Lokal” ini, yang berindak selaku Keynote Speaker adalah Bupati Lombok Timur Dr. H. Moch. Ali Bin Dachlan.

Dalam paparannya H. Moch. Ali Bin Dachlan menyampaikan materi Pendidikan Dalam Perspektif Sang Pendobrak. Diawal penyampaiannya dijelaskan bahwa belajar tidak mengenal batas waktu, belajar kapan saja sepanjang hayat manusia. Dibandingkan dengan negara-negara lain, kita masih tertinggal dalam hal kemajuan pendidikan. Misalnya saja negara Jepang yang pernah menjajah Indonesia sangat maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,  karena itu kita harus banyak belajar dari kemajuan negara-negara lain.

Kepala Dinas Dikbud Kab. Lotim Lalu Suandi, S. Sos saat membuka seminar ini mengungkapkan bahwa pengelolaan administrasi dan managemen pada lembaga-lembaga pendidikan telah berjalan dengan baik. Dinas Dikbud selaku penanggung jawab pendidikan telah melakukan perubahan-perubahan secara menyeluruh dalam peningkatan kinerja para guru. Pada sisi lain keberhasilan pengelolaan satuan pendidikan sangat tergantung pada kemampuan managerial kepala sekolah yaitu bagaimana dia mampu mengelola administrasi maupun sumber daya yang ada di sekolahnya, juga yang tidak kalah pentingnya adalah berani mengambil keputusan dengan penuh tanggung jawab.

Seminar yang berlangsung di Ballroom Kantor Bupati tersebut, menghadirkan tiga pembicara yaitu:  Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M. Pd (Guru Besar Universitas Negeri Malang) dengan materi berjudul  Menjadikan Kepala Sekolah yang Efektif Berbasis Kearifan Lokal,  Habibuddin, M. Pd (Dewan Pakar Pusat Kajian Pendidikan dan Budaya Universitas Hamzanwadi) serta Lalu Suandi, S. Sos (Kepala Dinas Dikbud Lotim) menyampaikan materi Pendidikan Berwawasan Kearifan Lokal dan Kepemimpinan Sasak.  (Tim Peliput Kominfo).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *