Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selama dua hari menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City yang diikuti Dewan Smart City, Akademisi serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Timur. Bimtek berlangsung tanggal 18 dan 19 Juli 2017 dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masing-masing peserta sehingga mereka mampu menyusun Master Plan Smart City Kabupaten Lombok Timur.

          Untuk diketahui bahwa Smart City merupakan suatu konsep pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota secara efektif dan efisien guna  memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam rangka mempercepat terwujudnya kota pintar (Smart City) tersebut, maka Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur bekerjasama dengan Kementerian Kominfo RI melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menggelar Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City yang dijadwalkan berlangsung selama 16 (enam belas) kali pertemuan.

Bupati H. Moch. Ali Bin Dahlan  dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan Smart City (kota pintar) akan membuat kota lebih efisien dan memiliki daya saing yang tinggi. Dengan penerapan Smart City diharapkan terwujud transparansi, akuntabilitas dan pertanggungjawaban yang lebih baik dengan memanfaatkan sistem teknologi berbasis website.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *