Salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pahlawan ke 72 di Kabupaten Lombok Timur adalah napak tilas menyusuri route perjuangan para pahlawan dalam  merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari kaum penjajah. Napak tilas diikuti berbagai kalangan masyarakat seperti unsur TNI/Polri, ASN, pelajar/mahasiswa/pemuda, mengambil route dari tugu perjuangan di Desa Pringgasela, selajutnya para peserta berjalan melewati Desa Aik Dewa, Lendang Nangka, Danger, Bagek Bontong, Padamara, Paok Pampang, Bagik Pituk, Pancor Manis, Rakam, Majidi, Kembang Sari dan finis di Lapangan Tugu Selong. Para peserta dilepas secara beregu pada jam 07.00 wita. dan memasuki finis sekitar jam 12.30 wita.

Untuk memudahkan para peserta menempuh perjalanan yang panjang dan menguras tenaga tersebut, panitia menyiapkan 5 pos istirahat/pemberhentian sementara sehingga pada pos-pos tersebut dapat memulihkan kembali kondisi fisik para peserta napak tilas dengan beristirahat sejenak, kegiatan ini dapat berjalan tertib dan lancar.

Tujuan napak tilas yang dilaksanakan setiap memperingati Hari Pahlawan tersebut adalah untuk mengenang kembali/mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa, khususnya para pahlawan dari Kabupaten Lombok Timur di dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *