Kemiskinan masih menjadi persoalan utama seluruh Kabupaten Kota di NTB termasuk Kabupaten Lombok Timur. Upaya Pemerintah Daerah mengurangi angka kemiskinan melalui intervensi program belum membuahkan hasil yang positif. Rata rata seluruh Kabupaten Kota di NTB hanya mampu menurunkan angka kemiskinan tidak lebih dari satu persen tiap tahun atau separuh dari target Pemerintah Provinsi yaitu 2 persen.

Di Lombok Timur, dalam kurun waktu 4 tahun pemerintah daerah baru bisa menekan angka kemiskinan sampai 18 koma 26 persen pada tahun 2017.  Angka ini diharapkan bisa menurun sampai tahun 2018 menjadi 17 persen sesuai target rpjd 2013  2018.

Kepala Bappeda Lombok Timur  Ahmad Dewanto Hadi mengakui upaya Pemerintah Daerah dalam mengurangi angka kemiskinan bukanlah hal yang mudah lebih lagi dilihat dari aspek jumlah penduduk. Beberapa program pembangunan yang dirancang dinilai belum fokus menyentuh indikator kemiskinan, disamping inflasi yang banyak mempengaruhi upaya pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan.

Tahun ini Pemerintah Daerah melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) sudah mulai merancang sejumlah program pembangunan terutama untuk melakukan intervensi upaya penuruanan kemiskinan, selain bantuan sosial,  sanitasi dan infrastruktur strategis lainya Pemerintah Daerah pula tetap memberikan perhatian terhadap program RTLH dimana program ini dinilai efektif dalam menekan angka kemiskininan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *