Sebanyak 6 Anggota Kelompok Industri Kerajinan Dari Kabupaten Sintang Kalimantan Barat belajar menenun di Desa Pringgasela. Kehadiran mereka di terima oleh Sekretaris Dinas Prindag Lombok Timur dan Kepala Dinas Prindustrian Provinsi NTB di Sentra Kerajinan Tenun Gedogan Pringgasela. Sedangkan rombongan dari Kabupaten Sintang dipimpin oleh Sekda dan Wakil Ketua DPRD Setempat.

Sekretaris Disperindag Lombok Timur H. Mulyono selamet menyampaikan perkembangan industri kerajinan tenun di Lombok Timur.  Khususnya Pringgasela. Jumlah pengrajin tenun di wilayah ini paling banyak mencapai sekitar 200 pengrajin dan produknya sudah dipasarkan baik Domestik maupun Mancanegara.

Sementara itu Sekda Kabupaten Sintang Kalimnatan Barat Yosevha Hasnah menyampaikan kelompok tenun yang belajar ke Pringgasela ini berasal dari wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan para pengrajin tenun di wilayahnya sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

Membangun dari wilayah pinggiran termasuk di bidang indutri kerajinan menjadi fokus perhatian Pemerintah Sintang seperti yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun. Anggota IKM yang dikirim magang tersebut nantinya diharapkan bisa mengembangkan keterampilannya ke ikm lainnya di Wilayah Sintang.

Usai diterima di Sentra Kerajinan Pringgasela dan melihat produk kerajinan tenun yang dipamerkan, rombongan kemudian diajak mengunjungi salah satu kelompok pengrajin, lokasi Bimtek pengrajin dari Kabupaten Sintang.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *