Perjalanan 22 tahun Otonomi Daerah tentu sudah banyak membuahkan hasil  positif terutama bagi percepatan pembangunan yang dilaksanakan di daerah. Namun demikian perjalanan panjang tersebut bukan berarti tanpa hambatan. Berbagai kebijakan dan perubahan yang dilakukan oleh pemerintah tidak sedikit menyisakan permaslahan kaitannya terhadap penerapan Otonomi Daerah sendiri.

Pjs. Bupati Lombok Timur,  h. Ahsanul khalik, S. Sos, MH. menilai pelaskanaan Otonomi Daerah sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan adanya inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah termasuk Lombok Timur dalam melakukan percepatan pembangunan. bagi Pemerintah Daerah hal ini menjadi peluang untuk menggerakan seluruh potensi yang ada dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan amsyarakat.

Namun demikian penerapan Otonomi Daerah masih ditemuka masih ditemukan berbagai persoalan terutama soal tarik menarik kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat, seperti soal pertambangan.  Seharusnya perubahan yang dilakukan seperti undnag undang tentang Pemerintah Daerah dibicarakan secara menyeluruh dengan semua pihak sehingga tidak memunculkan hal hal negatif terkait penyelanggaraan pemerintahan yang baik.

Kedepan pelaksanaan Otonomi Daerah diharapkan semakin menguatkan peran Pemerintah Daerah  dalam  melaksanakan fungsi fungsi pemerintahan  termasuk dalam melakukan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.   Hal ini bisa dilakukan dengan program dan kegiatan yang direncanakan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *