Selong, Workshop dilaksanakan di Rupatama Kantor Bupati. Kegiatan ini dihadiri Pjs. Bupati Lombok Timur dan diikuti oleh seluruh Camat dan sejumlah Pimpinan OPD. Selama 3 hari mereka akan diberikan materi diantaranya target dan capaian SPM , Sosialiasi SK Pelimpahan Kewenangan, Sosialisasi panduan teknis hingga simulasi rakorcam.

Inovasi ini berbasis Kecamatan dan melibatkan  seluruh pemangku kepentingan seperti Kepala Desa,  BPD,  Kkader dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Rakorcam. Kecamatan Aikmel yang menjadi sasaran pertama inovasi ini diharapkan bisa direplikasi di seluruh Kecamatan dan model ini menjadi perhatian pemerintah pusat.

Sementara itu,  dalam sambutannya Pjs. Bupati Lombok Tinur,  H.  Ahsanul Khalik, S. Sos. MH. menegaskan undang undang tentang Pemerintah Daerah mengamanahkan seluruh kegiatan di wilayah Kecamatan sejatinya tidak lepas dari koordinasi Pemerintah Kecamatan.  Namun sayangnya hal ini belum bisa diterapkan secara optimal karna kerap berbenturan dengan regulasi lainnya.

Belum lagi soal anggaran.  Pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada  Camat tidak diikuti dengan pengalokasian anggaran ke Pemerintah Kecamatan. Karena itu kedepan hal ini harus menjadi perhatian. Model Rrakorcam yang dirancang oleh kompak memberikan ruang terhadap berbagai perubahan terutama dalam merespon setiap persoalan yang ada di wilayah Kecamatan.  Karena itu, hasil Rakorcam yang nantinya dilaksanakan di tiap Kecamatan harus disebarkan ke tiap OPD sebagai rujukan dalam melakukan intervensi kegiatan.

Sedangkan untuk menindaklajuti inovasi yang dilakukan oleh kompak bersama Pemerintah Daerah, Pjs Bupati telah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan Rapat Koordinasi Kecamatan. diantaranya agar pemerintah Kecamatan melaksanakan Rapat Koordinasi Kecamatan setiap 3 bulan dan melaporkan hasilnya ke Kepala Daerah.

Bagi Kompak, model Rakorcam bukan satu satunya ivonasi yang sudah dilakukan untuk menguatkan kelembangan Pemerintahan.  Sebelumnya pula kompak meluncurkan model Bikin Administrasi Kependudukan Secara Online (BAKSO) berbasis desa bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Lombok Timur

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *