Menteri Sosial RI Idrus Marham mengunjungi korban gempa bumi di Lombok Timur (Senin 30/7/18). Dalam kunjungan tersebut Manteri Sosial menyerahkan santunan uang sebesar Rp. 15 juta untuk masing-masing korban meninggal dunia sedangkan untuk korban luka akan memperoleh Rp. 2,5 juta.

Penyerahan santunan berlangsung di tenda pengungsian di lapangan umum Desa Madayin yang dihadiri Sekdakab Lotim H. Rohman Farly, Kadis Sosial NTB   H. Ahsanul Khalik, unsur terkait serta keluarga para korban meninggal dunia. Dalam sambutannya Menteri Sosial memberi semangat bagi kelurga maupun warga masyarakat untuk selalu tabah dan tawakkal menerima cobaan dan ujian dari Tuhan, serta berupa untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Kehadiran Pemerintah pada hari ini di lokasi bencana, ungkap Mensos, adalah untuk melihat secara langsung kondisi para korban serta memastikan semua korban ditangani dengan baik.

Sebelumnya juga telah berlangsung rapat koordinasi BNPB dengan jajaran Pemerintah Provinsi NTB, Pemkab Lotim serta seluruh unsut terkait lainnya yang bertujuan untuk membahas langkah-langkah penanganan pasca gempa seperti perbaikan inprastuktur, gedung-gedung pemerintah maupun rumah-rumah penduduk. Sementara itu untuk perbaikan rumah-rumah penduduk dan berdasarkan aspirasi masyarakat, Pemerintah menurut Menteri Sosial akan memberikan bantuan Rp. 50 juta untuk rumah rusak berat serta Rp. 10 juta untuk rusak sedang/ringan. Anggaran untuk perbaikan rumah penduduk ini tentu akan ditangani melalui Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *