Dijelaskan Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rimer pada BPJS Kesehatan Cabang Selong Hazmi, Sistem Rujukan Berjenjang dengan mekanisme perujukan dari fasilitas kesehatan primer atau Puskesmas ke fasilitas kesehatan lanjutan atau rujukan seperti rumah sakit pada dasarnya telah dilaksanakan di seluruh Indonesia berdasarkan Permenkes nomor 128 tahun 2004 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

Hanya saja, dalam rangka memudahkan peserta untuk mendapatkan layanan kesehatan sesaui dengan kebutuhan pasien maupun kompetensi faskes, BPJS pun bekerjasama dengan berbagai pihak mulai menerapkan sistem rujukan berjenjang secara online yang dinilai mampu memangkas panjangnya birokrasi akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat lanjutan atau rujukan, dan pada 1 agustus ini layanan sistem rujukan online ini pun rencananya mulai diterapkan sebagai bentuk komitmen bersama pihak BPJS dengan fasilitas layanan kesehatan baik tingkat primer maupun rujukan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat

dengan diterapkannya sistem ini, sejumlah faskes di Lombok Timur baik faskes primer maupun tingkat rujukan mulai berbenah dan mengentri data yang dibutuhkan untuk mengetahui kompetensi setiap faskes dalam memberikan layanan kesehatan

Dengan diterapkannya sistem rujukan online ini setiap peserta mendapat jaminan akan lebiih mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, di samping itu masayrakat juga akan dilayanai sesuai dengan kemampuan faskes dalam memberi pelayanan kesehatan sesuai diagnosa penyakit dan kompetensi yang dimiliki

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *