Walaupun kondisi psikologis korban bencana gempa bumi berangsur kembali normal, namun kondisi perekonomian dan lingkungan masyarakat terdampak masih memerlukan banyak bantuan agar kembali mendekati normal. Seperti yang terus dilakukan oleh Relawan Gabungan yang bergerak di Kabupaten Lombok Timur.

Koordinator relawan kabupaten lombok timur TGH. Gunawan Ruslan mengatakan, efek dari bencana gempa yang dirasakan para korban masih jauh dari kata selesa. Setelah menuntaskan masa tanggap darurat. Tahapan recovery dan rekonstruksi masih terus dilakukan bersama antara pemerintah dan relawan seperti yang dilakukan di Kecamtan Sembalun. Tahapan ini dinilai memiliki waktu pelaksanaan yang lebih panjang, dan membutuhkan bantuan berupa logistik dan biaya yang lebih besar.

 

untuk tahap awal relawan masih memprioritaskan bantuan berupa logistik keperluan sehari-hari korban. Seperti makanan dan kebutuhan pribadi lainnya. namun bantuan untuk memperbaiki fasilitas umum dan perumahan warga harus mulai digalang untuk mempercepat pemulihan di kawasan bencana. Kegiatan yang sama terus akan dilakukan di wilayah dan yang terdampak, serta terus menggalang bantuan dari para donatur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *