Pendistribusian bibit bawang putih di Kecamatan Sembalun untuk tahap pertama ke para petani Kamis 7 Februari  mulai dilakukan.  Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy bersama Danrem 162 Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani yang mengawal langsung proses pendistribusian, meminta penyaluran bibit bawang putih tidak disalahgunakan.

 

Bupati menjelaskan terhadap 985 ton bibit yang akan didistribusikan, merupakan program bantuan dari Kementrian Pertanian tahun anggaran 2018 dengan total anggaran 64 milyar. Seyogyanya distribusi bibit dilakukan pada november 2018, namun karena adanya persoalan di lapangan, membuat Pemkab Lotim harus melakukan verifikasi ulang terhadap petani dan lahannya. Dari hasil verifikasi dimaksud, Bupati kemudian menemukan 200 hektar lahan fiktif di kecamatan sembalun.

Rencananya masing-masing lahan akan mendapat 600 kilogram atau 6 kwintal bibit bawang putih. terhadap distribusi ini, Bupati meminta agar semua pihak jangan bertindak gegabah,

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menjelaskan, untuk tahun ini pemkab akan mendapat 5000 bibit dari kementrian pertanian.

 

 Sementara itu Danrem 162 Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani menunjukkan keprihatinannya terhadap import bawang putih yang dilakukan pemerintah saat ini. terlebih mengingat sumber daya alam Indonesia, khususnya sembalun  yang cukup potensial terhadap penanaman bawang putih seharusnya lebih dimaksimalkan.

Adanya bantuan program bibit sebanyak 5000 ton pada 2019 ini, demikian Danrem adalah peluang yang harus ditangkap oleh pemerintah maupun petani. terlebih dengan bencana gempa yang terjadi beberapa bulan lalu melalui program ini, akan mampu membuat masyarakat Sembalun bangkit dari keterpurukan.

Dalam hal ini Danrem juga siap mendorong para petani untuk mensukseskan pencapaian program 5000 ton bibit. terhadap adanya upaya intimidasi di lapangan, Danrem meminta kepada Babinsa maupun Babinkamtibmas untuk menangkap pelaku yang meresahkan petani.

 

Hari pertama pendistribusian di lakukan di Desa Sajang. Terdapat 60 kelompok yang menerima bibit bawang putih hari ini.  Sementara lima Desa lainnya juga akan menerima bibit pada hari berikutnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *