Sebagai upaya meningkatkan jumlah kepesertaan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan menggelar Sosialisasi dengan mentargetkan Anggota BPD, perangkat RT dan BUMDES sebagai calon Peserta yang akan mendapatkan Jaminan Kerja dan Jaminan Sosial sebagai pekerja penerima upah.

Pimpinam BPJS Ketenagakerjaan Lombok Timur, Rachman W Hidayah dalam sambutanya memaparkan, setiap pekerja baik itu Tenaga Honorer ataupun kategori Pekerja Penerima Upah, Pekerja Kontruksi, TKI maupun Pekerja Bukan penerima Upah seperti Petani dan Nelayan, berhak memiliki Perlindungan Jaminan Sosial dan Jaminan Kerja. Hingga saat ini telah hampir 100% Kepala Desa beserta seluruh Perangkat Desa Se-kabupaten Lombok Timur telah masuk dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dari itu kini Anggota BPD, Perangkat RT dan BUMdes juga diharapkan masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun maanfaat yang bisa didapatkan oleh setiap Peserta BPJS Ketenagakerjaan antara lain :

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja, mulai dari Biaya pengobatan dan Perawatan hingga santunan cacat dan lainya.
  2. Jaminan Kematian dengan total santunan yang di terima ahli waris sebesar Rp. 24.000.000.
  3. Serta Jaminan Hari Tua.

Ditambahkan Rachman, iuran satu orang peserta BPJS Ketenagakerjaan ini ditentukan dari penjang pekerjaannya, untuk Anggota BPD dan Perangkat RT masuk dalam kategori Pekerja Penerima Upah hanya di kenakan tarif iuran yang sat ringan sebesar Rp. 11.000 perbulan. Sosialisasi berlangsung di Aula Kantor Camat Sukamulia, Kamis 11 April 2019.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *