Desa Toya merupakan salah satu Desa di Wilayah Kecamatan Aikmel, Usai mencanangkan diri sebagai Desa wisata pada awal tahun 2019 ini Desa Toya semakin berbenah, terutama untuk kemajuan sektor wisata Desa. Memanfaatkan potensi unggulan desa yakni banyaknya jumlah sumber mata air dengan total 28 titik sumber mata air dengan debit mata air yang melimpah, desa Toya berencana akan memanfaatkan 2 sumber mata air diantaranya yakni mata air aik lomak dan mata air rengget sebagai objek wisata baru.

Disampaikan Kepala Desa toya : Hanah Selama ini pemanfaatan sumber mata air ini hanya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat secara gratis, kedepan dengan adanya rencana pengembangan desa wisata, sumber mata air ini akan dikelola melalui bumdes serta tetap menjaga kelestariannya. Adapun upaya menjaga kelestarian lingkungan sumber mata air, dilakukan dengan cara menambah tanaman kayu di area sumber mata air serta memberikan  pengarahan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan maupun ke sungai.

Desa yang berada di Releng Gunung Rinjani ini juga telah melakukan perjanjian kerjasama berupa penandatanganan MOU dengan beberapa Desa penerima air bersih dari sumber mata air Desa toya untuk turut menjaga ke lestarian sumber mata air tersebut. Kedepan rencananya pihak desa juga akan  mendorong terbentuknya tempat pembuangan sampah desa, sebagai tempat untuk pengelolaan dan pemilahan sampah organik dan sampah daur ulang yang diyakini tidak hanya akan mampu menjaga kelestarian sumber mata air, tetapi juga bisa menjadi ladang penghasilan baru bagi masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *