Dalam rangka meningkatkan fasilitas dan pelayanan bagi masyarakat di bidang kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur H. Asrul Sani menjelaskan, pada tahun ini Pemda melalui Dikes Lotim menganggarkan fasilitas kesehatan berupa rehab Pukesmas dan Pustu serta pengadaan alat kesehatan.
Untuk rehab Pustu, Pemkab Lotim akan merehab 20 lebih Pustu dengan anggaran berpariasi antara 200 sampai 300 juta rupiah. selain itu, rehab dan penambahan ruang juga dilakukan di beberapa Puskesmas melalui dana alokasi khusus regular. Seperti pembangunan di Puskesmas Keruak,  Sukaraja,  Sakra,  Rensing Lepak,  Puskesmas Suela dan Puskesmas Masbagik Baru dengan anggaran mencapai 20 miliar lebih.


Tidak hanya itu, pihak dikes juga akan membangun kembali Puskesmas Sembalun dan Belanting yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi beberapa waktu lalu. Pembangunan dimaksud dianggarkan dari dak afirmasi, dimana masing-masing mendapatkan 5 miliyar rupiah.
selain itu pemerintah daerah juga telah menyiapkan dana bagi Puskesmas Keruak dan Aikmel dalam persiapan peningkatan status menjadi Rumah Sakit. Adapun dana yang dialokasikan yakni sebesar 5 milyar rupiah untuk Puskesmas Keruak dan 10 milyar untuk Puskesmas Aikmel. Disebutkan, total untuk anggaran pembangunan fisik pada tahun ini mencapai 89 miliar lebih.


Selain pembangunan fisik, Pemda juga akan menambahkan peralatan kesehatan bagi Puskesmas-Puskesmas yang saat ini masih mengalami kekurangan alat. Secara umum, untuk kelengkapan alat di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Lombok Timur , diakui H.Asrul Sani hanya mencapai 23 persen. untuk itu pemda melalui dinas kesehatan secara bertahap akan terus melakukan penambahan alat kesehatan di masing-masing puskesmas yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *