Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lombok Timur Pada hari Selasa, 14 Februari 2017 mendapatkan kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto Provinsi Jawa Timur . Rombongan sebanyak 27 orang ini dipimpin langsung oleh Kepala DPK Kota Mojokerto. Kedatangan rombongan ini dalam rangka melihat secara langsung kondisi dan kegiatan-kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh DPK Kabupaten Lombok Timur selama ini terkait program kerja dan capaian-capaian yang telah didapatkan selama ini. Dalam sambutannya Kepala DPK Kota Mojokerto sangat terkesan dengan DPK Kabupaten Lombok Timur yang mampu memberikan pelayanan perpustakaan dan informasi hingga ke tingkat desa yang mana dari 254 desa/kelurahan di Lombok Timur, sebanyak 189 desa/kelurahan telah memiliki perpustakaan. Bahkan salah satu binaan DPK Kabupaten Lombok Timur yaitu Perpustakaan Desa Sakra telah meraih juara 1 Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan  tingkat nasional pada tahun 2016 untuk cluster C.

Dari DPK Kabupaten Lombok Timur kemudian rombongan menuju Perpustakaan Masjid Besar At Taqwa Pancor. Mengingat pengelolanya yaitu Bapak Muhammad Nur telah mendapatkan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI, yang mana penghargaan ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang telah mampu memotivasi dan mengembangkan minat baca masyarakat. Perpustakaan Masjid Besar At Taqwa Pancor adalah salah satu Perpustakaan Masjid terbesar dan terlengkap di Lombok Timur. Setelah selesai dari Pancor, rombongan kemudian beranjak menuju Perpustakaan Desa Sakra. Perpustakaan Desa Sakra memiliki banyak program unggulan antara lain kursus komputer gratis, layanan wifi, dan internet gratis. kampung UKM digital dengan produk andalannya yaitu jajanan temerodok, serta pelatihan kewirausahaan bagi kader di perpustakaan desa. Ternyata perpustakaan lombok timur sudah menjadi salah satu barometer khususnya di wilayah Nusa Tengara bahkan Indonesia bagian timur. Mengingat perpustakaan merupakan pusat kegiatan dan belajar masyarakat yang tujuannya adalah peningkatan kualitas hidup masyarakat. oleh karena itu eksistensinya wajib dikembangkan untuk kemajuan masyarakat.  Kita harapkan Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Desa selalu memprioritaskan perpustakaan sebagai salah satu unsur wajib yang diselenggarakan pemerintah sehingga sudah semestinya mendapat perhatian dalam pengelolaannya (andrea)

3 Responses to Kunjungan DPK Mojokerto ke Lotim
  1. Semoga kedepan Perpustakaan khususnya di Lombok Timur semakin maju dan berkembang tentunya atas dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Daerah. Sukses

  2. Selain keramahan dan ketulusan yang kami rasakan waktu berkunjung ke Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kabupaten Lombok Timur , Perpustakaan Umum , Perpustakaan Masjid Besar At-Taqwa Pancor dan Perpustakaan Desa Sakra .. banyak hal yang dapat kami pelajari dan patut kami jadikan motivasi dalam mengelola kearsipan maupun perpustakaan desa.
    Semangat pengelola dan inovasi yang telah dilakukan oleh ketiga perpustakaan tersebut telah menuai berbagai apresiasi dan penghargaan tingkat daerah hingga nasional , dan setelah melihat langsung kenyataannya … hanya satu komentar bahwa “Lombok Timur memang patut dan layak mendapatkan penghargaan tanda prestasi itu semua ” … selamat … semoga kiprah perjuangannya selalu menaburkan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat ..

  3. Luar biasa Lombok Timur
    Majulah Lombok Timur


[top]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *