Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB menyelenggarakan Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Komunikasi dan Informasi bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Pemkab Lotim, 22/10/18. Pelatihan ini yang dibuka Kepala Dinas Kominfo Lotim Drs. H. Ridatul Yasa Sutaryadi ini, bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan PPID di Kabupaten/ Kota se-Nusa Tenggara Barat.

Adapun materi pelatihan meliputi pembahasan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah serta beberapa peraturan pelaksanaan UU KIP.

Secara lebih terperinci, nara sumber Lalu Yusuf (Kasi Infrastruktur TIK Diskomfotik NTB) menjelaskan tentang beberapa kelengkapan PPID yang meliputi Struktur PPID, Standar Operasional Prosedur (SOP), Daftar Informasi dan Dokumentasi Publik (DIDP), Laporan Layanan Informasi dan Dokumentasi (LLID), Sistem Informasi dan Dokumentasi Publik (SIDP), Hak dan Kewajiban Badan Publik, dll.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *