VISI DAN MISI

VISI

Visi Kabupaten Lombok Timur 2013-2018, tidak terlepas dari Visi yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lombok Timur 2005–2025. Di lain pihak, RPJPD Kabupaten Lombok Timur juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Propinsi NTB 2005-2025 yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah NTB Nomor 3 Tahun 2008 dan juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional yang telah ditetapkan dalam UU Nomor 17 Tahun 2007.

Visi Kabupaten Lombok Timur 2013-2018 tersebut juga tidak terlepas dari keinginan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk melaksanakan berbagai program dalam rangka mencapai “Millenium Development Goals (MDG’s) sampai tahun 2015, yaitu :

  1. Menghapuskan kemiskinan dan kelaparan;
  2. Menyediakan pelayanan pendidikan dasar untuk seluruh penduduk;
  3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan;
  4. Menurunkan angka kematian anak;
  5. Meningkatkan kesehatan ibu;
  6. Memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya;
  7. Memastikan keberlanjutan lingkungan hidup; serta
  8. Membangun kemitraan global dalam pembangunan

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas dan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2005-2025 dan RPJPD Kabupaten Lombok Timur Tahun 2005-2025 serta mencermati berbagai perkembangan pembangunan daerah yang telah diraih maupun berbagai persoalan yang belum dapat diatasi dalam masa pemerintahan sebelumnya serta mempertimbangkan berbagai aspirasi dan kehendak masyarakat dan pemangku kepentingan lainya (stakeholders), maka dirumuskan visi pembangunan Kabupaten Lombok Timur periode 2013-2018 sebagai berikut :

MEWUJUDKAN LOMBOK TIMUR YANG AMAN, ADIL DAN SEJAHTERA LAHIR DAN BATIN DALAM BINGKAI PERSATUAN DAN KESATUAN DILANDASI IMAN DAN TAQWA  ”.

Visi Pembangunan Kabupaten Lombok Timur tersebut memiliki makna sebagai berikut :

  • “Aman” : mengandung makna keamanan di seluruh wilayah Lombok Timur.
  • “Adil“ : memiliki arti pembangunan dan hasil-hasilnya dapat dinikmati secara berkeadilan oleh seluruh lapisan masyarakat Lombok Timur.
  • “Sejahtera Lahir Batin” : mengandung makna kesejahteraan tidak hanya mencakup kebutuhan dasar dari sisi ekonomi, tetapi juga sosial dan spiritual.
  • “Persatuan dan Kesatuan” : berarti kehidupan masyarakat Lombok Timur dalam tradisi persatuan dalam perbedaan dan perbedaan dalam kesatuan.
  • “Iman” : mengandung makna keyakinan adanya Allah, Tuhan yang Maha Esa dengan segala sifat kesempurnaan-Nya dan keyakinan terhadap Muhammad Rasulullah dan risalah kerasulan yang dibawanya.
  • “Taqwa” : memiliki makna melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangannya.

 

MISI

Untuk dapat mewujudkan visi pembangunan daerah tersebut Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menetapkan misi pembangunan daerah  sebagai berikut  :

  1. Mengembangkan struktur perekonomian daerah yang tangguh melalui pengembangan lembaga keuangan, investasi dan kemudahan perizinan
  2. Meningkatkan kualitas dan produktivitas Sumber daya manusia
  3. Meningkatkan infrastruktur antar wilayah
  4. Revitalisasi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, kelautan dan kehutanan
  5. Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik.
  6. Meningkatkan kualitas pengelolaan Lingkungan Hidup yang berkelanjutan
  7. Meningkatkan kualitas Iman dan Taqwa, serta kearifan budaya lokal
  8. Meningkatkan keamanan, persatuan dan kesatuan