Beberapa jenis makanan disunahkan Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Selain kurma, makanan sunah berikut ini juga bisa jadi pilihan.

Kurma selalu menjadi makanan yang identik dengan bulan Ramadhan. Buah ini banyak dikonsumsi karena sehat dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ternyata, selain kurma terdapat berbagai makanan yang cocok disantap saat sahur sesuai ajaran islam.

Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh harus mendapatkan asupan makanan yang bernutrisi. Buah segar, sayur, dan ikan merupakan pilihan yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Makanan yang mudah dicerna juga penting untuk menghindari perut dari gangguan pencernaan. Agar ibaddah puasa Anda lebih lancar, konsumsilah makanan sunah berikut saat sahur seperti direkomendasikan Muslim Hands (13/5).

1. Labu

Sebagian besar jenis labu memiliki kandungan air yang melimpah. Labu parang atau labu kuning, labu siam, dan beberapa jenis labu lainnya mengandung lebih dari 90% air yang akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi saat berpuasa. Labu dapat diolah dengan dikukus, dipanggang, atau dihaluskan menjadi sup dan disantap saat sahur. 

Selain Kurma, 10 Makanan Sunah Ini Juga Baik untuk Sahur

2. Kacang lentil

Kacang jenis lentil atau muji-muji adalah biji-bijian yang rendah kolesterol dan baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan lentil terdiri dari 26% protein yang berpadu dengan serat dan karbohidrat kompleks. Komposisi ini sangat memudahkan usus dalam mencerna sehingga energi yang terbakar lebih rendah dan dapat menyeimbangkan gula darah. 
Hasil gambar untuk kacanglentil

 

3. Melon

Melon, semangka, dan blewah merupakan jenis melon yang sangat populer saat Ramadhan. Buah-buahan segar ini mengandung 90% air dan merupakan sumber serat yang baik. Dengan konsumsi melon saat sahur, tubuh tidak akan kekurangan cairan saat berpuasa. Selain itu, melon juga dapat meredakan sakit perut dan masalah lambung.

Selain Kurma, 10 Makanan Sunah Ini Juga Baik untuk Sahur

4. Telur

Telur merupakan makanan yang ideal untuk menghadapi puasa karena mengandung vitamin A, D, E, B6 dan B12 serta protein, kalsium, dan zat besi. Buatlah telur dadar untuk disantap dengan nasi hangat atau dijadikan isian roti bakar untuk santap sahur.

Gambar terkait


5. Delima

Buah yang termasuk dalam superfood ini memiliki rasa yang manis segar, dan merupakan sumber vitamin yang baik. Bahkan penelitian menunjukan bahwa delima memiliki kandungan anti oksidan yang tiga kali lebih besar dari teh hijau. Biji delima yang lezat juga mengandung vitamin A, C, E, dan asam folat. Konsumsilah jus delima saat sahur atau berbuka karena dapat membantu kinerja pencernaan. Selain diminum jusnya, taburan biji delima juga cocok untuk salad sayur.

Selain Kurma, 10 Makanan Sunah Ini Juga Baik untuk Sahur

BACA JUGA : 

Jadi Tren di 2019, Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ponsel Lipat

6. Terong

Terong memiliki berupa 92% air sehingga sangat sempurna untuk menjaga kansungan air dalam tubuh. Selain menghidrasi, terong juga kaya akan vitamin B, potasium, asam folat dan antikoksidan. Olahlah terong dengan dipanggang atau di tumis menggunakan minyak zaitun untuk membuatnya tetap rendah lemak.

Hasil gambar untuk terong

7. Nasi

Makanan pokok masyarakat Indonesia ini memang mudah dicerna dan dapat mengatur tingkat gula darah. Nasi putih, nasi merah, atau nasi cokelat dapat menjadi pilihan untuk sahur ataupun berbuka. Selain dijadikan hidanganutama, nasi juga dapat diolah menjadi puding dengan campuran air mawar dan potongan kacang pistachio.

Selain Kurma, 10 Makanan Sunah Ini Juga Baik untuk Sahur

8. Mentimun

Salah satu makanan dengan sumber air yang luar biasa adalah mentimun. Mentimun juga bebas dari kandungan lemak jenuh dan kolesterol serta mengandung vitamin K,B6 dan zat besi. Campurkanlah dalam salad sayur, atau jadikan lalapan pendamping hidangan utama saat santap sahur.

Hasil gambar untuk mentimun

9. Ikan

Ikan sering kali dianggap sebagai daging dan tidak menjadi pilihan dalam menu makanan sehat. Faktanya, ikan merupakan sumber protein, zat besi, vitamin D, dan omega 3. Konsumsi ikan dapat meningkatkan kualitas tidur selama bulan ramadhan. Pilihlah ikan-ikan yang mudah diolah dan kaya manfaat seperti salmon. Hidangkan dengan salad atau nasi cokelat untuk meningkatkan kelengkapan nutrisinya.

Selain Kurma, 10 Makanan Sunah Ini Juga Baik untuk Sahur

10. Pisang

Pisang sangat mudah untuk dicerna dan lembut bagi usus. Enzim dalam pisang nyatanya mampu mempercepat proses pencernaan. Hal ini sangat penting terlebih bagi yang tidur setelah tarawih. Pisang juga dapat mengurangi stress, meningkatkan mood, meredakan maag dan rasa panas dalam perut. Makanlah satu buah pisang saat berbuka dan blender menjadi smoothie atau pelengkap oat saat sahur.

Hasil gambar untuk pisang

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *