Hadirnya tenaga pendamping desa yang dihajatkan membantu Pemerintah Desa untuk memberdayakan masyarakat melalui proses belajar sosial merupakan amanat dari undang-undang nomor 6 tahun 2014. karena itu pada kamis 31 januari, bertempat di Ballroom Kantor Bupati, Pemkab Lombok Timur melakukan penandatanganan kontrak kerja bagi 12o tenaga pendamping profesional untuk Desa maupun Kecamatan.

Para pendamping profesional tersebut terdiri dari para Tenaga Ahli Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan Operator Komputer. Mereka nantinya akan memfasilitasi dan mendampingi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Pada dasarnya, pendamping desa secara teknis dilaksanakan oleh satuan kerja perangkat daerah kabupaten, kota yang dibantu oleh Tenaga Pendamping Profesional.

Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy dalam sambutannya menegaskan, kondisi lombok timur dengan berbagai persoalan yang dihadapi menjadikan kabupaten ini harus melakukan pembenaha. adanya kasus stunting, gizi buruk, pernikahan dini dan lainnya adalah masalah krusial yang harus diatasi dengan inovasi program oleh desa. karena itu, tidak hanya untuk para Kepala Desa, Bupati juga menjanjikn umroh gratis bagi para Camat maupun para pejabat OPD yang berhasil mengatasi persoalan krusial dimaksud.

Sementara itu Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah yang juga hadir dalam penandatangan kontrak kerja tenaga pendamping menjelaskan, dari 995 desa di Provinsi Ntb, tercatat 899 desa masuk dalam kategori desa berkembang. sementara 87 lainnya menjadi desa mandiri dan 9 desa masuk dalam kategori desa tertinggal.

Terhadap ragam persoalan yang dihadapi daerah, dalam hal ini baik pemerintah provinsi maupun kabupaten tidak bisa bekerja sendiri. peran kepala desa sebagai garda terdepan untuk mengatasi persoalan masyarakat lanjut Wakil Gubernur sangat dibutuhkan.
Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur juga mendorong revitalisasi posyandu, peningkatan insentif kader minimal seratus limapuluh ribu per bulan berikut pengadaan bank sampah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *